Halaman

Kamis, 03 November 2011

TEncoder, Multithreaded Video Encoder


Kembali lagi dengan topik yang berhubungan dengan encoder video, kali ini FastNCheap akan me-review kehebatan dari aplikasi encoder gratis yang bernama TEncoder. Software gratis ini memang dikhususkan bagi anda yang suka berinovasi dan bereksperimen dengan berbagai macam format video yang ada saat ini. Selain gratis, software ini juga bersifat “open source” yang artinya anda (Atau team developer anda) bisa mengembangkan sendiri kode software agar berfungsi lebih maksimal.
TEncoder, Multithreaded Video Encoder Gratis Untuk Windows Image
TEncoder juga bisa digunakan untuk “multi-thread” (Melakukan beberapa format video sekaligus) dalam sekali jalan. Dengan fitur ini, tentunya proses akan lebih cepat dan menghemat waktu. Tidak seperti kebanyakan encoder lain, software ini menggunakan FFMpeg dan Mencoder untuk mengkonvert dari format satu ke format yang lain.
Cara Mengkonvert Video
Jika ingin mengkonvert video menggunakan TEncoder, ikuti petunjuk berikut ni:


  • Siapkan video yang ingin diconvert. Kalau memungkinkan, anda bisa menyiapkan beberapa video sekaligus (Untuk bahan praktek).
  • Download aplikasi TEncoder di http://sourceforge.net/projects/tencoder/
  • Install aplikasi tersebut di komputer/notebook indows anda.
  • Setelah proses install selesai, jalankan aplikasi tersebut.
  • Untuk memasukkan video yang ingin dikonvert, klik tombol Add File pada menu kiri bagian atas.
    TEncoder, Multithreaded Video Encoder Gratis Untuk Windows Image
  • Jika anda ingin memasukkan beberapa video sekaligus, anda bisa menempatkannya pada satu folder kemudian klik tomol Add Folder pada menu. Dengan cara ini anda bisa langsung memasukkan beberapa video sealigus tanpa harus mengulang beberapa kali.
  • Pada bagian lain, anda bisa memasukkan beberapa opsi seperti Encoder yang akan digunakan untuk convert video, menambahkan subtitle, dan banyak lagi. Sesuaikan dengan selera anda. Atau, jika ingin bereksperimen lebih jauh lagi, anda bisa mencoba opsi-opsi tersebut beberapa kali untuk mencari format terbaik untuk anda.
    TEncoder, Multithreaded Video Encoder Gratis Untuk Windows Image
  • Memberikan opsi pada “Do two passes” akan memberikan kualitas video yang lebih baik untuk anda dengan konsekuensi; Proses convert video akan jauh lebih lama dan kapasitas file yang dihasilkan akan lebih besar.
    TEncoder, Multithreaded Video Encoder Gratis Untuk Windows Image
  • Jika semua konfigurasi sudah selesai, konvert sekarang dan tunggu sampai semua proses selesai.
Cukup mudah bukan!
Kesimpulan
TEncoder, satu aplikasi yang bisa yang harus dimiliki oleh kolektor video. Dengan software kecil ini, ana bisa meng-encode beberapa video dalam satu waktu sekaligus. Satu hal penting lagi, aplikasi ini bisa didapatkan dengan gratis tanpa harus membeli lisensi dari pihak pengembangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Games